RENCANA PELAKASANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA N
Mata pelajaran : Sosiologi
Kelas : X
Semester : 1
Jumlah Pertemuan : 1 X Pertemuan
Jumlah Pertemuan : 1 X Pertemuan
A. STANDAR KOMPETENSI
Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.
B. KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan proses interaksi social sebagai dasar membangun pola keteraturan dan dinamika kehidupan social
C. INDIKATOR
- Menjelakan proses asosiatif
- Menjelakan proses disosiatif
- Membedakan proses asosiatif dan disosiatif
- Menganalisis tentang macam-macam proses asosiatif dan disosiatif
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah peserta didik selesai kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
- Menjelaskan proses asosiatif
- Menjelaskan proses disosiatif
- Membedakan proses asosiatif dan disosiatif
- Menganalisis tentang macam-macam proses asosiatif dan disosiatif
E. MATERI PEMBELAJARAN
1. Proses Asosiatif (Association Processes)
1. Proses Asosiatif (Association Processes)
Interaksi sosial dengan proses asosiatif bersifat psitif, seperti:
a. Kerja sama
b. Akomodasi
c. Asimilasi
d. Akulturasi
2. Proses Disosiatif (Opposition Processes)
2. Proses Disosiatif (Opposition Processes)
a. Persaingan (Competition)
b. Kontravensi
c. Pertikaian
d. Konflik
F. ALOKASI WAKTU
Alokasi waktu yang digunakan 2 X 45 menit.
G. MODEL PEMBELAJARAN
o Think pair and share
Tatap muka | Penugasan terstruktur | Kegiatan mandiri tidak terstruktur |
· Guru melakukan ceramah interaktif dan questioning tentang assosiatif dan disosiatif. · Guru memberi satu contoh tentang assosiatif dan disosiatif. | Secara kelompok siswa melakukan kajian pustaka dan / internet tentang proses assosiatif dan disosiatif. | Membuat contoh dari proses assosiatif dan disosiatif dalam kehidupan masyarakat. Mencari perbedaan antara assosiatif dan disosiatif. Membuat analisis tentang bentuk-bentuk interaksi sosial. |
H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1 | Kegiatan Pendahuluan | Alokasi Waktu |
- Motivasi : Guru memulai pelajaran dengan menanyakan peserta didik yang tidak hadir beserta alasanya. - Guru menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran. - Pengetahuan prasyarat : Macam-macam proses assosiatif dan disosiatif. - Rambu-rambu belajar : peserta didik secara aktif mengkaji materi, guru mengarahkan peserta didik untuk mencapai tujuan sesuai indikator yang ada. | 5’ | |
2 | Kegiatan Inti | |
A. Eksplorasi - Peserta didik dengan rasa tanggungjawab mendengar penjelasan dari guru tentang proses assosiatif dan disassoiatif. B. Elaborasi - Peserta didik dibagi dalam 8 kelompok, lalu dengan bekerjasama mendiskusikan permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan materi. - Guru memimpin pleno dan setiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya. C. Konfirmasi - Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya berkaitan dengan hasil diskusi kelompok. - Atas dasar hasil diskusi, guru mengarahkan pembicaraan pada materi/permasalahan yang belum diungkapkan peserta didik. - Guru memberi kesimpulan hasil diskusi kelompok kepada peserta didik. | 80’ | |
3 | Kegiatan Penutup | |
- Post test : Guru menyiapkan 12 pertanyaan sebagai umpan balik kepada peserta didik | 5’ |
I. METODE PEMBELAJARAN
- Ceramah Bervariasi
- Diskusi
J. MEDIA PEMBELAJARAN
- Papan Tulis
- Power Point
- Gambar
- Internet
K. SUMBER BAHAN
- Sosiologi 1, KBK, Tim Sosiologi, Yudhistira
- Sosiologi 1, KTSP, Tim Sosiologi, Erlangga
- Media massa dan elektronik
- Internet
L. PENILAIAN
o Kognitif
o Afektif
Mengetahui
Kepala SMA Negeri Guru Mata Pelajaran
Drs. Totok Rochana, M.A Anis Nurhidayati
0 komentar:
Posting Komentar