Kamis, 12 Januari 2012

RPP


Mata Pelajaran                                      : Sosiologi
Kelas/Program/Semester                       : XI/IPS/2
Peretemuan ke                                      : 1 s.d 2
Alokasi Pertemuan                                : 2x 45’
         


STANDAR KOMPETENSI
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multicultural

KOMPETENSI DASAR
Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multicultural

INDIKATOR
·         Menganalisis masalah keanekaragaman masyarakat multikultural
·         Menganalisis pemecahan masalah multikultural
·         Mendiskripsikan pentingnya pendidikan multkultural
·         Mendiskripsikan Sikap Empati dan Toleransi

I.       TUJUAN PEMBELAJARAN     :
·         Siswa dapat menganalisis masalah keanekaragaman masyarakat multikultural
·         Siswa dapat Siswa dapat menganalisis pemecahan masalah multikultural
·         Siswa dapat mendiskripsikan pentingnya pendidikan multkultural
·         Siswa dapat mendiskripsikan sikap Empati dan Toleransi
·         Siswa dapat memenuhi kehadiran, kedisiplinan waktu, tugas dan keaktifan dalam proses belajar
II.    MATERI AJAR                           : 
l. Masalah keanekaragan masyarakat mutikultural
2. Analisis pemecahan masalah
3. Pentingnya pendidikan multikultural
4. Sikap empati dan toleransi dalam keanekaragaman masyarakat multikulrural
              III.  METODE PEMBELAJARAN
·         Ceramah bervariasi
·         Diskusi
·         Penugasan



Tatap muka
Penugasan terstruktur
Kegiatan mandiri tidak terstruktur
Guru melakukan interaktif dan questioning tentang masalah keanekaragama dan pemecahan masalahnya
Secara kelompok siswa melakukan kajian pustaka dan/internet tentang masalah keanekaragama dan pemecahan masalahnya dimasyarakat
Secara kelompok mendiskuskan masalah keanekaragama dan pemecahan masalahnya di masyarakat
Siswa mencari contoh masalah keanekaragama dan pemecahan masalahnya di lingkungan tempat tinggal.
Siswa mencari contoh masalah keanekaragama dan pemecahan masalahnya ada di masyarakat Indonesia.


IV.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1
Kegiatan Pendahluan
Alokasi Waktu

o   Apersepsi : Guru memulai pelajaran dengan menanyakan materi sebelumnya yang telah dipelajari
o   Motivasi : Guru menyampaikan pentingnya mempelajari masalah keanekaragama dan pemecahan masalahnya
o   Guru menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
o   Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus

15’
2
Kegiatan Inti


A. Eksplorasi
Siswa dengan rasa tanggung jawab mendengarkan penjelasan dari guru masalah keanekaragama dan pemecahan masalahnya
B.Elaborasi
o   Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, kemudian bekerjasama mendiskuskan contoh dasar pembentukan kelompok sosial yang telah dijelaskan guru.
o   Siswa membecakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru membuat kesimpulan.
        C.Konfirmasi
o   Guru member kesempatan kepada siswa untuk bertanya berkaiatan dengan materi yang sudah diajarkan.

60’
3
Kegiatan Penutup


o   Memberi post test kepada siswa secara random untuk menggugah kembali ingatan materi yang telah dipelajari
o   Menyimpulkan materi yang telah dipelajari
o   Follow Up: UlanganHarian III
15’

V.SUMBER, BAHAN, ALAT BELAJAR
o   Sosiologi 2, KBK, Tim Sosiologi, Yudistira
o   Bahan Belajar Siswa, Sosiologi Kelas XI, Penerbit Grahadi
o   Sosiologi Bilingual kelas XI, KTSP, M. Tupan, Yrama Widya
o   Masyarakat setempat
o   Media massa dan elektronik :
-          Internet
-          Laptop
-          LCD
-          Media Power Point
VI. PENILAIAN
1.      Kognitif :
2.      Afektif  :

Mengetahui
Kepala SMA Negeri                                           Guru Mata Pelajaran


Nama kepala sekolah                                          Nama guru mapel

0 komentar:

Posting Komentar