Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Program/Semester : XI/IPS/2
Peretemuan ke : 1 s.d 2
Alokasi Pertemuan : 2x 45’
STANDAR KOMPETENSI
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multicultural
KOMPETENSI DASAR
Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multicultural
INDIKATOR
· Menganalisis masalah keanekaragaman masyarakat multikultural
· Menganalisis pemecahan masalah multikultural
· Mendiskripsikan pentingnya pendidikan multkultural
· Mendiskripsikan Sikap Empati dan Toleransi
I. TUJUAN PEMBELAJARAN :
· Siswa dapat menganalisis masalah keanekaragaman masyarakat multikultural
· Siswa dapat Siswa dapat menganalisis pemecahan masalah multikultural
· Siswa dapat mendiskripsikan pentingnya pendidikan multkultural
· Siswa dapat mendiskripsikan sikap Empati dan Toleransi
· Siswa dapat memenuhi kehadiran, kedisiplinan waktu, tugas dan keaktifan dalam proses belajar
II. MATERI AJAR :
l. Masalah keanekaragan masyarakat mutikultural
2. Analisis pemecahan masalah
3. Pentingnya pendidikan multikultural
4. Sikap empati dan toleransi dalam keanekaragaman masyarakat multikulrural
III. METODE PEMBELAJARAN
· Ceramah bervariasi
· Diskusi
· Penugasan
Tatap muka | Penugasan terstruktur | Kegiatan mandiri tidak terstruktur |
Guru melakukan interaktif dan questioning tentang masalah keanekaragama dan pemecahan masalahnya | Secara kelompok siswa melakukan kajian pustaka dan/internet tentang masalah keanekaragama dan pemecahan masalahnya dimasyarakat Secara kelompok mendiskuskan masalah keanekaragama dan pemecahan masalahnya di masyarakat | Siswa mencari contoh masalah keanekaragama dan pemecahan masalahnya di lingkungan tempat tinggal. Siswa mencari contoh masalah keanekaragama dan pemecahan masalahnya ada di masyarakat Indonesia. |
IV.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1 | Kegiatan Pendahluan | Alokasi Waktu |
o Apersepsi : Guru memulai pelajaran dengan menanyakan materi sebelumnya yang telah dipelajari o Motivasi : Guru menyampaikan pentingnya mempelajari masalah keanekaragama dan pemecahan masalahnya o Guru menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai o Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus | 15’ | |
2 | Kegiatan Inti | |
A. Eksplorasi Siswa dengan rasa tanggung jawab mendengarkan penjelasan dari guru masalah keanekaragama dan pemecahan masalahnya B.Elaborasi o Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, kemudian bekerjasama mendiskuskan contoh dasar pembentukan kelompok sosial yang telah dijelaskan guru. o Siswa membecakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru membuat kesimpulan. C.Konfirmasi o Guru member kesempatan kepada siswa untuk bertanya berkaiatan dengan materi yang sudah diajarkan. | 60’ | |
3 | Kegiatan Penutup | |
o Memberi post test kepada siswa secara random untuk menggugah kembali ingatan materi yang telah dipelajari o Menyimpulkan materi yang telah dipelajari o Follow Up: UlanganHarian III | 15’ |
V.SUMBER, BAHAN, ALAT BELAJAR
o Sosiologi 2, KBK, Tim Sosiologi, Yudistira
o Bahan Belajar Siswa, Sosiologi Kelas XI, Penerbit Grahadi
o Sosiologi Bilingual kelas XI, KTSP, M. Tupan, Yrama Widya
o Masyarakat setempat
o Media massa dan elektronik :
- Internet
- Laptop
- LCD
- Media Power Point
VI. PENILAIAN
1. Kognitif :
2. Afektif :
Mengetahui
Kepala SMA Negeri Guru Mata Pelajaran
Nama kepala sekolah Nama guru mapel
0 komentar:
Posting Komentar