Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Program/Semester : XI/IPS/2
Peretemuan ke : 1 s.d 2
Alokasi Pertemuan : 2 x 45’
STANDAR KOMPETENSI
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multicultural
KOMPETENSI DASAR
Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multicultural
INDIKATOR
· Mendiskripsikan pengertian masyarakat multikultural
· Menganalisis fakor-faktor penyebab timbulnya masyarakat multikultural
· Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
I. TUJUAN PEMBELAJARAN :
· Siswa dapat mendiskripsikan pengertian masyarakat multikultural
· Siswa dapat menganalisis fakor-faktor penyebab timbulnya masyarakat multicultural
· Siswa dapat menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
· Siswa dapat memenuhi kehadiran, kedisiplinan waktu, tugas dan keaktifan dalam proses belajar
II. MATERI AJAR :
1. Pengertian Masyarakat multikultural
2. Faktor-faktor penyebab timbulnya masyarakat multicultural
3. Keanekaragaman Kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
III. METODE PEMBELAJARAN
· Ceramah bervariasi
· Diskusi
· Penugasan
Tatap muka | Penugasan terstruktur | Kegiatan mandiri tidak terstruktur |
Guru melakukan interaktif dan questioning tentang pengertian, faktor dan keanekaragaman masyarakat multicultural | Secara kelompok siswa melakukan kajian pustaka dan/internet tentang pengertian, faktor dan keanekaragaman masyarakat multikultural | Siswa mencari contoh keanekaragaman masyarakat multikultural dilingkungan tempat tinggal. Siswa mencari contoh kenekaragaman di masyarakat Indonesia. |
III. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1 | Kegiatan Pendahluan | Alokasi Waktu |
o Apersepsi : Guru memulai pelajaran dengan menanyakan materi sebelumnya yang telah dipelajari o Motivasi : Guru menyampaikan pentingnya mempelajari proses perkembangan berbagai kelompok sosial o Guru menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai o Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus | 15’ | |
2 | Kegiatan Inti | |
A.Eksplorasi Siswa dengan rasa tanggung jawab mendengarkan penjelasan dari guru tentang pengertian, faktor dan keanekaragaman masyarakat multikultural B. Elaborasi o Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, kemudian bekerjasama mendiskuskan contoh pengertian, faktor dan keanekaragaman masyarakat multicultural dijelaskan guru. o Siswa membecakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru membuat kesimpulan. C. Konfirmasi o Guru member kesempatan kepada siswa untuk bertanya berkaiatan dengan materi yang sudah diajarkan. | 60’ | |
3 | Kegiatan Penutup | |
o Memberi post test kepada siswa secara random untuk menggugah kembali ingatan materi yang telah dipelajari o Menyimpulkan materi yang telah dipelajari o Follow Up: meminta siswa untuk mempelajari masalah keanekaragaman masyarakat multikultural pemecahan masalah multikultural pentingnya pendidikan multkultural, sikap empati dan toleransi | 15’ |
IV. SUMBER, BAHAN, ALAT BELAJAR
o Sosiologi 2, KBK, Tim Sosiologi, Yudistira
o Bahan Belajar Siswa, Sosiologi Kelas XI, Penerbit Grahadi
o Sosiologi Bilingual kelas XI, KTSP, M. Tupan, Yrama Widya
o Masyarakat setempat
o Media massa dan elektronik :
- Internet
- Laptop
- LCD
- Media Power Point
IV.PENILAIAN
1. Kognitif
2. Afektif
Mengetahui
Kepala SMA Negeri Guru Mata Pelajaran
Nama kepala sekolah Nama guru mapel
0 komentar:
Posting Komentar