Kamis, 12 Januari 2012

RPP


Mata Pelajaran                                       : Sosiologi
Kelas/Program/Semester                        : XI/IPS/2
Peretemuan ke                                        : 1 s.d 2
Alokasi Pertemuan                                 : 2 x 45’



STANDAR KOMPETENSI
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multicultural

KOMPETENSI DASAR
Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multicultural

INDIKATOR
·         Mendiskripsikan pengertian masyarakat multikultural
·         Menganalisis fakor-faktor penyebab timbulnya masyarakat multikultural
·         Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural


I.  TUJUAN PEMBELAJARAN       :
·         Siswa dapat mendiskripsikan pengertian masyarakat multikultural
·         Siswa dapat menganalisis fakor-faktor penyebab timbulnya masyarakat multicultural
·         Siswa dapat menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
·         Siswa dapat memenuhi kehadiran, kedisiplinan waktu, tugas dan keaktifan dalam proses belajar
II. MATERI AJAR                            : 
1.      Pengertian Masyarakat multikultural
2.      Faktor-faktor penyebab timbulnya masyarakat multicultural
3.      Keanekaragaman Kelompok sosial dalam masyarakat multikultural

III.             METODE PEMBELAJARAN
·         Ceramah bervariasi
·         Diskusi
·         Penugasan




Tatap muka
Penugasan terstruktur
Kegiatan mandiri tidak terstruktur
Guru melakukan interaktif dan questioning tentang  pengertian, faktor dan
keanekaragaman masyarakat multicultural
Secara kelompok siswa melakukan kajian pustaka dan/internet tentang pengertian, faktor dan keanekaragaman masyarakat multikultural

Siswa mencari contoh keanekaragaman masyarakat multikultural dilingkungan tempat tinggal.
Siswa mencari contoh kenekaragaman di masyarakat Indonesia.


III.        LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1
Kegiatan Pendahluan
Alokasi Waktu

o   Apersepsi : Guru memulai pelajaran dengan menanyakan materi sebelumnya yang telah dipelajari
o   Motivasi : Guru menyampaikan pentingnya mempelajari proses perkembangan berbagai kelompok sosial
o   Guru menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
o   Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus

15’
2
Kegiatan Inti


A.Eksplorasi
Siswa dengan rasa tanggung jawab mendengarkan penjelasan dari guru tentang pengertian, faktor dan keanekaragaman masyarakat multikultural
B.     Elaborasi
o   Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, kemudian bekerjasama mendiskuskan contoh pengertian, faktor dan keanekaragaman masyarakat multicultural dijelaskan guru.

o   Siswa membecakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru membuat kesimpulan.
C. Konfirmasi
o   Guru member kesempatan kepada siswa untuk bertanya berkaiatan dengan materi yang sudah diajarkan.

60’
3
Kegiatan Penutup


o   Memberi post test kepada siswa secara random untuk menggugah kembali ingatan materi yang telah dipelajari
o   Menyimpulkan materi yang telah dipelajari
o   Follow Up: meminta siswa untuk mempelajari masalah keanekaragaman masyarakat multikultural pemecahan masalah multikultural pentingnya pendidikan multkultural, sikap empati dan toleransi
15’

IV.              SUMBER, BAHAN, ALAT BELAJAR
o   Sosiologi 2, KBK, Tim Sosiologi, Yudistira
o   Bahan Belajar Siswa, Sosiologi Kelas XI, Penerbit Grahadi
o   Sosiologi Bilingual kelas XI, KTSP, M. Tupan, Yrama Widya
o   Masyarakat setempat
o   Media massa dan elektronik :
-          Internet
-          Laptop
-          LCD
-          Media Power Point
IV.PENILAIAN
1.      Kognitif
2.      Afektif

Mengetahui
Kepala SMA Negeri                                             Guru Mata Pelajaran


Nama kepala sekolah                                             Nama guru mapel

0 komentar:

Posting Komentar