Kamis, 12 Januari 2012

RPP


Mata Pelajaran                                       : Sosiologi
Kelas/Program/Semester                        : XI/IPS/2
Peretemuan ke                                        : 1 s.d 2
Alokasi Pertemuan                                 : 2 x 45’



STANDAR KOMPETENSI
 Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multicultural

KOMPETENSI DASAR
Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multicultural

INDIKATOR
·         Mendiskripsikan proses perkembangan berbagai kelompok sosial
·         Menganalisis dasar pembentukan kelompok sosial


I.  TUJUAN PEMBELAJARAN        :
·         Siswa dapat mendiskripsikan proses perkembangan berbagai kelompok sosial
·         Siswa dapat menganalisis dasar pembentukan kelompok sosial
·         Siswa dapat memenuhi kehadiran, kedisiplinan waktu, tugas dan keaktifan dalam proses belajar
II. MATERI AJAR                              : 
a.       Proses Perkembangan Berbagai Kelompok Sosial
a.       Kelompok Kekerabatan
b.      Kelompok Okupasional
c.       Keompok Volunter
d.      Masyarakat Pedesaan
III.    METODE PEMBELAJARAN
·         Ceramah bervariasi
·         Diskusi
·         Penugasan


Tatap muka
Penugasan terstruktur
Kegiatan mandiri tidak terstruktur
Guru melakukan interaktif dan questioning tentang proses perkembangan berbagai kelompok sosial
Secara kelompok siswa melakukan kajian pustaka dan/internet tentang proses perkembangan berbagai kelompok sosial
Secara kelompok mendiskuskan proses perkembangan berbagai kelompok sosial
Siswa mencari contoh proses perkembangan berbagai kelompok sosial dilingkungan tempat tinggal.
Siswa mencari contoh proses perkembangan berbagai kelompok sosial di masyarakat Indonesia.


IV.             LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1
Kegiatan Pendahluan
Alokasi Waktu

o   Apersepsi : Guru memulai pelajaran dengan menanyakan materi sebelumnya yang telah dipelajari
o   Motivasi : Guru menyampaikan pentingnya mempelajari proses perkembangan berbagai kelompok sosial
o   Guru menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
o   Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus

15’
2
Kegiatan Inti


A.    Eksplorasi
Siswa dengan rasa tanggung jawab mendengarkan penjelasan dari guru tentang proses perkembangan berbagai kelompok sosial di masyarakat
B.     Elaborasi
o   Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, kemudian bekerjasama mendiskuskan contoh proses perkembangan berbagai kelompok sosial yang telah dijelaskan guru.

o   Siswa membecakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru membuat kesimpulan.
C.     Konfirmasi
o   Guru member kesempatan kepada siswa untuk bertanya berkaiatan dengan materi yang sudah diajarkan.

60’
3
Kegiatan Penutup


o   Memberi post test kepada siswa secara random untuk menggugah kembali ingatan materi yang telah dipelajari
o   Menyimpulkan materi yang telah dipelajari
o   Follow up: Ulangan harian II
15’

V.       SUMBER, BAHAN, ALAT BELAJAR
o   Sosiologi 2, KBK, Tim Sosiologi, Yudistira
o   Bahan Belajar Siswa, Sosiologi Kelas XI, Penerbit Grahadi
o   Sosiologi Bilingual kelas XI, KTSP, M. Tupan, Yrama Widya
o   Masyarakat setempat
o   Media massa dan elektronik :
-          Internet
-          Laptop
-          LCD
-          Media Power Point
VI. PENILAIAN
1.      Kognitif
2.      Afektif
 
Mengetahui
Kepala SMA Negeri                                          Guru Mata Pelajaran


Nama kepala sekolah                                         Nama guru mapel

1 komentar:

Unknown mengatakan...

terimakasih atas informasinya..

ST3 Telkom

Posting Komentar