Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Program/Semester : XI/IPS/2
Peretemuan ke : 1 s.d 2
Alokasi Pertemuan : 3 x 45’
STANDAR KOMPETENSI
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multicultural
KOMPETENSI DASAR
Mendiskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multicultural
INDIKATOR
· Mendiskripsikan pengertian kelompok sosial
· Mengidentifikasikan ciri-ciri kelompok sosial
· Menganalisis dasar pembentukan kelompok sosial
I. TUJUAN PEMBELAJARAN :
· Siswa dapat mendiskripsikan pengertian kelompok sosial di masyarakat
· Siswa dapat mengidentifikasikan cirri-ciri kelompok sosial
· Siswa dapat menganalisis dasar pembentukan kelompok sosial
· Siswa dapat memenuhi kehadiran, kedisiplinan waktu, tugas dan keaktifan dalam proses belajar
II. MATERI AJAR :
1. Pengertian Kelompok sosial:
a. Paul B. Horton & Cheseter L. Hunt
b. Soerjono Soekanto
c. Hendropuspito
2. Ciri-ciri kelompok sosial
3. Dasar pembentukan kelompok sosial:
a. Faktor Kepentingan yang Sama (Common Interest)
b. Faktor Darah dan Keturunan yang sama (Common Ancestry)
c. Faktor Geografis
d. Faktor Daerah Asal yang Sama
III. METODE PEMBELAJARAN
· Ceramah bervariasi
· Diskusi
· Penugasan
Tatap muka | Penugasan terstruktur | Kegiatan mandiri tidak terstruktur |
Guru melakukan interaktif dan questioning tentang pengertian, ciri-ciri, dan dasar pembentukan kelompok sosial di masyarakat | Secara kelompok siswa melakukan kajian pustaka dan/internet tentang pengertian, ciri-ciri, dan dasar pembentukan kelompok sosial dimasyarakat Secara kelompok mendiskuskan pengertian, ciri-ciri, dan dasar pembentukan kelompok sosial di masyarakat | Siswa mencari contoh dasar pembentukan kelompk sosial yang ada di lingkungan tempat tinggal. Siswa mencari contoh kasus dasar pembentukan kelompok sosial yang ada di masyarakat Indonesia. |
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1 | Kegiatan Pendahluan | Alokasi Waktu |
o Apersepsi : Guru memulai pelajaran dengan menanyakan materi sebelumnya yang telah dipelajari o Motivasi : Guru menyampaikan pentingnya mempelajari pengertian, ciri-ciri, dan dasar pembentukan kelompok sosial di masyarakat o Guru menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai o Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus | 15’ | |
2 | Kegiatan Inti | |
A. Eksplorasi Siswa dengan rasa tanggung jawab mendengarkan penjelasan dari guru tentang pengertian, ciri-ciri, dan dasar pembentukan kelompok sosial di masyarakat B. Elaborasi o Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, kemudian bekerjasama mendiskuskan contoh dasar pembentukan kelompok sosial yang telah dijelaskan guru. o Siswa membecakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru membuat kesimpulan. C. Konfirmasi o Guru member kesempatan kepada siswa untuk bertanya berkaiatan dengan materi yang sudah diajarkan. | 60’ | |
3 | Kegiatan Penutup | |
o Memberi post test kepada siswa secara random untuk menggugah kembali ingatan materi yang telah dipelajari o Menyimpulkan materi yang telah dipelajari o Follow up: meminta siswa untuk mempelajari kalsifikasi kelompok sosial yang ada di masyarakat. | 15’ |
V. SUMBER, BAHAN, ALAT BELAJAR
o Sosiologi 2, KBK, Tim Sosiologi, Yudistira
o Bahan Belajar Siswa, Sosiologi Kelas XI, Penerbit Grahadi
o Sosiologi Bilingual kelas XI, KTSP, M. Tupan, Yrama Widya
o Masyarakat setempat
o Media massa dan elektronik :
- Internet
- Laptop
- LCD
- Media Power Point
VI. PENILAIAN
1. Kognitif
2. Afektif
Mengetahui
Kepala SMA Negeri Guru Mata Pelajaran
Nama kepala sekolah Nama guru mapel
0 komentar:
Posting Komentar