Kamis, 12 Januari 2012

RPP



Mata Pelajaran                              : Sosiologi
Kelas/Program/Semester               : XI/IPS/2
Peretemuan ke                               : 1 s.d 2
Alokasi Pertemuan                        : 3 x 45’




STANDAR KOMPETENSI
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multicultural

KOMPETENSI DASAR
Mendiskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multicultural

INDIKATOR
·         Mendiskripsikan pengertian kelompok sosial
·         Mengidentifikasikan ciri-ciri kelompok sosial
·         Menganalisis dasar pembentukan kelompok sosial


I.          TUJUAN PEMBELAJARAN     :
·         Siswa dapat mendiskripsikan pengertian kelompok sosial di masyarakat
·         Siswa dapat mengidentifikasikan cirri-ciri kelompok sosial
·         Siswa dapat menganalisis dasar pembentukan kelompok sosial
·         Siswa dapat memenuhi kehadiran, kedisiplinan waktu, tugas dan keaktifan dalam proses belajar
II.       MATERI AJAR                           : 
1.      Pengertian Kelompok sosial:
a.       Paul B. Horton & Cheseter L. Hunt
b.      Soerjono Soekanto
c.       Hendropuspito
2.      Ciri-ciri kelompok sosial
3.      Dasar pembentukan kelompok sosial:
a.       Faktor Kepentingan yang Sama (Common Interest)
b.      Faktor Darah dan Keturunan yang sama (Common Ancestry)
c.       Faktor Geografis
d.      Faktor Daerah Asal yang Sama
III.             METODE PEMBELAJARAN
·         Ceramah bervariasi
·         Diskusi
·         Penugasan
Tatap muka
Penugasan terstruktur
Kegiatan mandiri tidak terstruktur
Guru melakukan interaktif dan questioning tentang pengertian, ciri-ciri, dan dasar pembentukan kelompok sosial di masyarakat
Secara kelompok siswa melakukan kajian pustaka dan/internet tentang pengertian, ciri-ciri, dan dasar pembentukan kelompok sosial dimasyarakat
Secara kelompok mendiskuskan pengertian, ciri-ciri, dan dasar pembentukan kelompok sosial di masyarakat
Siswa mencari contoh dasar pembentukan kelompk sosial yang ada di lingkungan tempat tinggal.
Siswa mencari contoh kasus dasar pembentukan kelompok sosial yang ada di masyarakat Indonesia.


IV.             LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1
Kegiatan Pendahluan
Alokasi Waktu

o   Apersepsi : Guru memulai pelajaran dengan menanyakan materi sebelumnya yang telah dipelajari
o   Motivasi : Guru menyampaikan pentingnya mempelajari pengertian, ciri-ciri, dan dasar pembentukan kelompok sosial di masyarakat
o   Guru menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
o   Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus

15’
2
Kegiatan Inti


A.    Eksplorasi
Siswa dengan rasa tanggung jawab mendengarkan penjelasan dari guru tentang pengertian, ciri-ciri, dan dasar pembentukan kelompok sosial di masyarakat
B.     Elaborasi
o   Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, kemudian bekerjasama mendiskuskan contoh dasar pembentukan kelompok sosial yang telah dijelaskan guru.
o   Siswa membecakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru membuat kesimpulan.
C.    Konfirmasi
o   Guru member kesempatan kepada siswa untuk bertanya berkaiatan dengan materi yang sudah diajarkan.

60’
3
Kegiatan Penutup


o   Memberi post test kepada siswa secara random untuk menggugah kembali ingatan materi yang telah dipelajari
o   Menyimpulkan materi yang telah dipelajari
o   Follow up: meminta siswa untuk mempelajari kalsifikasi kelompok sosial yang ada di masyarakat.
15’

V.                SUMBER, BAHAN, ALAT BELAJAR
o   Sosiologi 2, KBK, Tim Sosiologi, Yudistira
o   Bahan Belajar Siswa, Sosiologi Kelas XI, Penerbit Grahadi
o   Sosiologi Bilingual kelas XI, KTSP, M. Tupan, Yrama Widya
o   Masyarakat setempat
o   Media massa dan elektronik :
-          Internet
-          Laptop
-          LCD
-          Media Power Point
VI.             PENILAIAN
1.      Kognitif
2.      Afektif

Mengetahui
Kepala SMA Negeri                                           Guru Mata Pelajaran


Nama kepala sekolah                                          Nama guru mapel

0 komentar:

Posting Komentar