Kamis, 12 Januari 2012

RPP


Mata Pelajaran                                       : Sosiologi
Kelas/Program/Semester                        : XI/IPS/2
Peretemuan ke                                        : 1 s.d 2
Alokasi Pertemuan                                 : 3 x 45’


STANDAR KOMPETENSI
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multicultural

KOMPETENSI DASAR
Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multicultural

INDIKATOR
·         Mendiskripsikan pengertian dinamika kelompok sosial
·         Menganalisis Aspek Dinamika Kelompok Sosial
·         Menganalisis Faktor –Faktor Pendorong Dinamika Kelompok Sosial

I.       TUJUAN PEMBELAJARAN     :
a.       Siswa dapat mendiskripsikan pengertian Dinamika kelompok sosial
b.      Siswa dapat menganalisis Aspek Dinamika Kelompok Sosial
c.       Siswa dapat menganalisis Faktor-faktor pendorong kelompok sosial
d.      Siswa dapat memenuhi kehadiran, kedisiplinan waktu, tugas dan keaktifan dalam proses belajar
II.    MATERI AJAR                           : 
a.       Pengertian Dinamika Kelompok Sosial
b.      Aspek Dinamika Kelompok Sosial:
a.       Kohesi atau persatuan
b.      Motif atau Dorongan
c.       Struktur
d.      Pempinan
e.       Perkembangan kelompok
c.       Faktor-Faktor Pendorong Dinamika Kelompok Sosial
1). Faktor Pendorong dari luar kelompok (Extern)
1.      Perubahan Situasi Sosial
2.      Perubahan Situasi Ekonomi
3.      Perubahan Situasi Politik
2). Faktor Pendorong dari dalam Kelompok (Intern):
1. Adanya Konflik antar anggota kelompok
2.      Adanya perbedaan kepentingan
3.      Adanya perbedaan paham
III. METODE PEMBELAJARAN
 a. Ceramah bervariasi
b. Diskusi
                  c. Penugasan
Tatap muka
Penugasan terstruktur
Kegiatan mandiri tidak terstruktur
Guru melakukan interaktif dan questioning tentang aspek-aspek dinamika sosial dan berbagai faktor- pendorongnya
Secara kelompok siswa melakukan kajian pustaka dan/internet tentang aspek-aspek dinamika sosial dan berbagai faktor- pendorongnya
Secara kelompok mendiskuskan aspek-aspek dinamika sosial dan berbagai faktor- pendorongnya
Siswa mencari contoh aspek-aspek dinamika sosial dan berbagai faktor- pendorongnya di lingkungan sekitar
Siswa mencari contoh aspek-aspek dinamika sosial dan berbagai faktor- pendorong yang ada di masyarakat Indonesia.


IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1
Kegiatan Pendahluan
Alokasi Waktu

o   Apersepsi : Guru memulai pelajaran dengan menanyakan materi sebelumnya yang telah dipelajari
o   Motivasi : Guru menyampaikan pentingnya mempelajari aspek-aspek dinamika sosial dan berbagai faktor- pendorongnya di masyarakat
o   Guru menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
o   Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus

15’
2
Kegiatan Inti


a.       Eksplorasi
Siswa dengan rasa tanggung jawab mendengarkan penjelasan dari guru tentang aspek-aspek dinamika sosial dan berbagai faktor- pendorongnya
b.      Elaborasi
o   Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, kemudian bekerjasama mendiskuskan contoh dasar pembentukan kelompok sosial yang telah dijelaskan guru.
o   Siswa membecakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru membuat kesimpulan.
c.       Konfirmasi
o   Guru member kesempatan kepada siswa untuk bertanya berkaiatan dengan materi yang sudah diajarkan.

60’
3
Kegiatan Penutup


o   Memberi post test kepada siswa secara random untuk menggugah kembali ingatan materi yang telah dipelajari
o   Menyimpulkan materi yang telah dipelajari
o   Follow up: proses perkembanga kelompok sosial
dan dasar pembentukan kelompok sosial
15’

V.                SUMBER, BAHAN, ALAT BELAJAR
o   Sosiologi 2, KBK, Tim Sosiologi, Yudistira
o   Bahan Belajar Siswa, Sosiologi Kelas XI, Penerbit Grahadi
o   Sosiologi Bilingual kelas XI, KTSP, M. Tupan, Yrama Widya
o   Masyarakat setempat
o   Media massa dan elektronik :
-          Internet
-          Laptop
-          LCD
-          Media Power Point
VI.             PENILAIAN
1.      Kognitif
2.      Afektif
Mengetahui
Kepala SMA Negeri                                              Guru Mata Pelajaran


Nama kepala sekolah                                             Nama guru mapel


0 komentar:

Posting Komentar