Rabu, 30 November 2011

Pengantar Ilmu Sosial

1. Apa ilmu sosial menurut anda?

Ilmu sosial menurut saya adalah ilmu yang mempelajari dan mengkaji tentang aspek kehidupan manusia didalam masyarakat yang saling berinteraksi, mempunyai dinamika hidup dan kehidupannya senantiasa menyukai dan membutuhkan kehadiran orang lain.

2. Berbagai disiplin dalam ilmu sosial?

a. Sosiologi
Suatu ilmu yang mengkaji dan mempelajari tentang masyarakat dan interaksi yang terjadi di dalamnya.

b. Antropologi
Ilmu yang mempelajari mengenai aspek budaya atau karya cipta manusia.

c. Psikologi
Memusatkan perhatiannya pada tingkah laku manusia di masyarakat sebagai ungkapan proses mental, kejiwaan yang meliputi konsep diri, motivasi, persepsi, dan sikap.

d. Geografi
Suatu cabang ilmu yang mengkaji mengenai fenomena-fenomena yang berkaitan dengan factor alam dan factor manusia.

e. Sejarah
Suatu cabang ilmu yang mengkaji tentang peristiwa masa lampau atau berkenaan dengan peristiwa-peristiwa kehidupan manusia masa lampaau yang menyangkut segala aspeknya.

f. Ekonomi
Suatu cabang ilmu yang mempelajari mengenai bagaimana usaha-usaha manusia dalam memenuhi kebutuhannya.

g. Politik
Suatu cabang ilmu yang mengkaji tentang kehidupan berpolitik, perhatiannya terpusat pada ihwal kekuasaan dan liku-liku perilaku para penguasa penyelenggara Negara.

h. Komunikasi
Objek studinya adalah asas-asas penyampaian informasi, pembentukan pendapat umum (public opinion) dan sikap public (public attitude).

i. Hukum
Objek studinya adalah aspek norma social yang berlaku di masyarakat terutama yang berkenaan dengan norma yang tertulis dan ditentukan oleh undang-undang.


3. Mengapa anda tertarik belajar ilmu social dan memilih kuliah di FIS (Sosiologi dan Antropologi)?

Karena saya menyukai ilmu yang mengkaji tentang social yang mudah dipahami oleh saya dan saya memilih kuliah di FIS (Sosiologi dan antropologi) karena ilmu sosiologi dan antropologi adalah ilmu yang sangat dekat dengan kehidupan kita sehingga pemahamannya mudah dimengerti oleh kita semua.

0 komentar:

Posting Komentar