Rabu, 30 November 2011

Perubahan Sosial Budaya

Perubahan sosial budaya yang terjadi di lingkungan tempat tinggal saya, menurut hasil pengamatan yang saya lakukan, di karenakan berpindahnya pusat pemerintahan yang dulunya berada pada daerah yang bernama Kalisoka sekarang berpindah pada daerah Slawi. Perpindahan pusat pemerintahan ini menimbulkan pengaruh besar pada kehidupan masyarakat didaerahku ini.

Pada mulanya pusat pemerintahan di daerahku berada di Kalisoka yaitu menurut sejarahnya Kalisoka menjadi pusat pemerintahan, tetapi dengan pemikiran yang matang pusat pemerintahan itu dipindah di daerah slawi, oleh pemimpinnya pada waktu itu. Hal ini berdampak besar pada perubahan sosial budaya masyarakat slawi. Daerah Slawi yang dulunya masih sederhana (belum diadakan pembangunan) sekarang menjadi daerah yang berkembang lebih maju. Banyak pembangunan-pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah daerah untuk dapat membuatnya lebih maju. Banyak didirikannya pabrik-pabrik, pusat perbelanjaan, atau pun perlengkapan dan peralatan yang dapat menunjang berkembangnya alat transportasi di daerahku. Sekolah-sekolah pun banyak dibangun untuk membuat kualitas masyarakatnya bertambah, pembangunan sarana pendidikan juga didukung dengan keinginan masyarakat sekitar untuk menyekolah anak-anak mereka pada jenjang yang lebih tinggi. Juga peningkatan fasilitas-fasilitas sekolah maupun peningkatan fasilitas-fasilitas untuk masyarakat luas.

Seperti dibangunnya pusat-pusat ekonomi pada kota slawi. Pusat ekomoni ini yang sangat berpengaruh pada kehidupan masyarakat slawi sekarang ini. Dengan didirikannya pusat pembelanjaan masyarakat slawi menjadi masyarakat yang konsumtif, pada hal sebelum didirikannya pusat perbelanjaan ini masyarakat slawi, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan mereka berbelanja di pasar tradisional tetapi dengan didirikannya pusat perbelanjaan ini masyarakat beralih pergi ke pasar modern untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Mereka menganggap pergi ke pasar modern lebih menyenangkan karena di pasar modern disediakan tempat hiburan, masyarakat yang telah berbelanja dapat bermain di area hiburan yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Selain itu di pasar modern pembeli dapat memilih sendiri barang yang akan dibelinya. Selain pusat perbelanjaan juga pabrik-pabrik yang mempengaruhi perkembangan masyarakatnya. Di daerah slawi didirikan pabrik teh, obat tradisional, air mineral, kecap, ataupun industri kecil lainnya. Industri-industri ini pula menyebabkan perkembangan ekonomi di daeraku karena banyak menampung tenaga-tenaga kerja disekitarnya.

Pada bidang kesehatan pun begitu, peningkatan mutu kesehatan di daerah slawi meningkat dengan dibangunnya rumah sakit milik pemerintah salah satu penyebabnya. Masyarakat slawi mulai sadar akan pentingnnya kesehatan. Peningkatan ini juga di imbangi dengan banyaknya puskesmas-puskesmas yang berada di desa-desa sekitar daerah slawi, hal ini terbukti dengan banyaknya pengunjung yang datang untuk hanya sekedar mengecek kesahatannya saja atau melakukan kontrol saja.

Selain di bidang ekonomi dan kesehatan juga pada bidang transportasi, alat transportasi umum di daerah slawi semakin berkembang. Banyak alat transportasi umum yang digunakan dan banyak juga jumlahnya, selain itu alat transportasinya dapat digunakan sampai 24 jam. Daearah-daerah disekitar slawi pun sudah dapat dijangkau dengan mudah, masyarakat dapat dengan mudahnya pergi ke tempat-tempat daerah slawi sekitarnya tanpa perlu menggunakan alat transportasi pribadi.

Pada bidang pendidikan pun begitu, masyarakat di daerah slawi sudah sadar terhadap masalah pendidikan. Banyaknya berdidrinya sekolah-sekolah negeri maupun swasta telah menjadikan masyarakat di daerahku sadar akan pentingnya pendidikan. Minat orang tua untuk menyekolahkan anak telah meningkat karena di imbangi pula sulitnya mencari kerja di daerahku. Apalagi kalau mempunyai tingkat pendidikan yang rendah. Sekarang jumlah sekolah-sekolah yang ada telah meningkat, dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas. Bahkan dengan semakin berkembangnya masyarakat di daerahku karena berpindahnya pusat pemerintahan sekarang banyak didirikan sekolah tinggi atau kebidanan di daerahku yang minatnya juga tidak kalah banyak.

Perubahan sosial budaya itu yang terjadi di kota yang berpengaruh besar pada kehidupan masyarakat di daerah tempat tinggal ku. Perubahan sosial budaya ini telah mengakibatkan perkembangan daerah lebih maju dari daerah sekitar tempat tinggalku

0 komentar:

Posting Komentar